Langkah Awal Memulai Bisnis dengan Modal Minim

Langkah Awal Memulai Bisnis dengan Modal Minim - Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun kedunia bisnis. Pintar mencari peluang usaha termasuk salah satu kiat sukses memulai bisnis, pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang peluang usaha dengan modal kecil sebagai referensi jika ingin berbisnis. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan agar sukses adalah langkah awal memulai usaha sendiri.  Jangan terlalu memberanikan diri atau terlalu nekat saat memulai usaha, jika belum membaca informasi-informasi yang relevan.


Kebanyakan orang yang ingin memulai usaha sendiri sering ragu-ragu dengan beragam alasan. Tentu hal seperti sangat rugi, padahal dengan memulai usaha sendiri sedikit banyak membantu meningkatkan penghasilan Anda . Bagi yang ingin tertantang , ini 6 Langkah Awal Memulai Bisnis dengan Modal Minim :

Langkah I - Tentukan Ide
Ingin sukses dari bisnis tentunya harus di mulai dari menentukan ide. Sebuah ide yang bagus sangat penting supaya bisnis Anda berjalan dengan baik kedepannya. Tidak mungkin memulai sesuatu tanpa menentukan ide terlebih dahulu.
Pertanyaan yang sering muncul, bagaimana ide itu didapatkan ? Apakah seketika atau tidak ? Jawabannya, ide muncul bisa seketika, bisa juga dari suatu permasalahan atau dari hobi. Sebagai contohnya :
Ide dari suatu permasalahan : Satu daerah masih minimnya air bersih atau PDAMnya sering macet. 
Idenya: Anda bisa membuka jasa antar jemput air bersih dengan harga murah.
Ide dari hobi :
Anda mempunyai kegemaran memancing dan mengetahui seluk beluk tentang alat pancing. Idenya, coba membuka usaha toko lengkap alat pancing.

Langkah II - Membuat Perencanaan
Sebagai langkah awal memulai usaha sendiri, membuat sebuah  konsep perencanaan (planning concept) sangat  penting. Dalam perencanaan Anda bisa menentukan apa yang perlu dalam menjalankan usaha nanti. Berikut ini poin-poin pentingnya :
·        Besaran budget (modal) yang dibutuhkan
·        Laba rugi dari suatu usaha
·        Kebutuhan untuk usaha (Karyawan)
·        Perencanaan  selanjutnya jika usaha menemui jalan buntu (Plan B)

Langkah III - Bertanya Kepada Yang Sudah Pengalaman
Walaupun hal seperti ini banyak orang yang mengesampingkannya saat memulai usaha sendiri. TIdak salah mempertimbangkan meluangkan waktu untuk bertanya kepada yang berpengalaman baik pebisnis yang sudah sukses atau pebisnis yang pernah menemui kegagalan. Mendengar langsung dari pelakunya berbeda jika dibandingkan membaca sebuah teori.

Langkah IV- Melakukan Survei
Pada postingan-postingan sebelumnya saya pernah menulis keberhasilan seorang pemuda  saat menjalankan bisnis dan pemuda tersebut sukses karena menerapkan survei sebelum menjalankan bisnis tersebut hingga sukses. Survei merupakan langkah awal memulai usaha sendiri yang harus selalu Anda terapkan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.
Survei yang bisa Anda lakukan yaitu :
·        Lokasi atau tempat
·        Riset pasar dan kebutuhan konsumen
·        Peluang keberhasilan
·        Pesaing

Langkah V - Mempersiapkan Dengan Baik
Semua langkah-langkah diatas sudah berjalan dengan lancar, sekarang langkah awal memulai usaha sendiri lainnya yaitu mempersiapkan semuanya dengan baik dan maksimal. Apa hal-hal yang harus Anda persiapkan, seperti dibawah ini :
·        Mengurus izin usaha
·        Melakukan selamatan sebelum opening (Jika dianggap perlu)
·        Melakukan promosi sebelum opening
·        Memberikan pengarahan kepada karyawan (Jika ada karyawan)

Langkah VI - Segera Merealisasikan
Kelima langkah diatas tidak berguna jika Anda tidak segera merealisasikannya. Jangan pernah ada keraguan dalam diri Anda, jangan hanya semangat pada awal saat akan memulainya tapi enggan merealisasikannya. Beberapa hal yang bisa membantu Anda sebagai berikut:
·       Yakinkan diri untuk segera merealisasikan usaha tersebut
·   Jangan takut gagal, semua pebisnis kebanyakan menemukan kegagalan sebelum sukses
·     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Awal Memulai Bisnis dengan Modal Minim"

Post a Comment